Senin, 02 April 2012

BIBLIOGRAFI SISTEM OPERASI (ISTILAH – ISTILAH SISTEM OPERASI)

Diposkan oleh Oferia Fircha Yenis Saputri di 7:20 AM
Reaksi: 

Bibliografi Istilah SO
Nama        : Fircha Yenis Saputri
NIM          : 115060900111032
Kelas         : Teknik Komputer B
A
1.      Accounting : merekam kegiatan pengguna, jatah pemakaian sumber daya (keadilan atau kebijaksanaan).
2.      Address : alamat (istilah komputer dalam penunjukkan lokasi)
3.      Address space merupakan rentang alamat diskrit, masing-masing yang mungkin sesuai untuk suatu host jaringan, perangkat periferal, sektor disk, sebuah sel memori atau entitas logis atau fisik lainnya.
4.      Administrator : seorang administrator bertugas untuk mengelola hal-hal yang berhubungan dengan komputer.
5.      Algoritma : kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir.
6.      Algoritma FCFS :  algoritma sederhana dimana proses yang datang duluan maka dia yang dieksekusi pertama kalinya.
7.      Algoritma Round Robin (RR) : dirancang untuk sistem time sharing. Algoritma ini mirip dengan penjadual FCFS, namun preemption ditambahkan untuk switch antara proses. Antrian ready diperlakukan atau dianggap sebagai antrian sirkular. CPU menglilingi antrian ready dan mengalokasikan masing-masing proses untuk interval waktu tertentu sampai satu time slice/ quantum.
8.      Algoritma SJF : algoritma penjadualan CPU dimana proses yang paling pendek dieksekusi terlebih dahulu.
9.      Algortima penjadualan : pemilihan proses dari antrian ready untuk dapat dieksekusi
10.  Anticipatory buffering : Ada waktu tunggu antara pencetakan isi buffer hingga buffer kosong dengan pengisian kembali buffer itu. Karenanya, sistem kontrol I/O dibuat sedemikian rupa sehingga sebelum buffer sampai benar-benar kosong sudah dimuat lagi dengan data yang baru.
11.  Application code merupakan kode ditulis secara khusus untuk sebuah aplikasi yang dibuat dalam bahasa seperti Java
12.  Asynchronous : Proses komunikasi data yang tidak terikat dengan waktu tetap, proses transformasi data kecepatannya cukup relatif dan tidak tetap.
13.  Attachment merupakan berkas (file) yang dikirim bersama-sama dengan surat elektronik (email atau surel)
B
14.  Backup : menyalin beberapa file ke dalam medium kedua yang berbentuk disk atau kaset untuk pengamanan jika terjadi kegagalan pada medium pertama, atau bisa dikatakan sebuah pengganti atau alteratif.
15.  Bad blocks : satu/lebih sektor yang rusak pada suatu disk. Pada disk sederhana, bad blocks diatasi secara manual.
16.  Bandwith : kuran yang diberikan ISP ( Internet Service Provider), seberapa lebar spectrum yang dihantarkan sesuai lebarnya jalur komunikasi untuk menampung kapasitas data.
17.  Binary merupakan penomoran yang berbasis dua misalnya menggunakan angka nol dan satu, atau on dan off. Data ini merupakan inti dari instruksi-instruksi mesin komputer dan perangkat berbasis digital lainnya.
18.  Block merupakan Data fisik yang berisikan bit atau byte secara kontinyu, dan berjumlah tetap dalam sejumlah karakter atau record, dan dikirimkan dalam suatu kesatuan unit di dalam transmisi.
19.  Blocking (application) : Ketika suatu aplikasi menggunakan sebuah blocking system call, eksekusi aplikasi itu akan diberhentikan untuk sementara. Aplikasi tersebut akan dipindahkan ke wait queue. Dan setelah system call tersebut selesai, aplikasi tersebut dikembalikan ke run queue, sehingga pengeksekusian aplikasi tersebut akan dilanjutkan.
20.  Block device : Suatu perangkat, yang memindahkan informasi dalam bentuk blok.
21.  Block multiplexer channel : mengatur aliran data ke berbagai peralatan.    
22.  Booting : istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada proses awal menyalakan komputer dimana semua register prosesor disetting kosong, dan status mikroprosesor/prosesor disetting reset. Kemudian address 0xFFFF diload di segment code (code segment) dan instruksi yang terdapat pada alamat address 0xFFFF tersebut dieksekusi.
23.  Boot disk atau system disk : disk yang memiliki partisi boot.
24.  Boot strap : program yang sudah diinisialiasasi ketika pertama kali menjalankan komputer
25.  Box : Alat atau sebuah proses yang khusus hanya dalam batas proses input dan output. Kita tidak mengetahui apa yang terjadi di dalam.
26.  Broadcast : Sebuah alamat yang semua bagian bit host-nya : 0 mengacu ke jaringan, sedang alamat yang semua bit host-nya : 1
27.  Buffer : : bagian dari CPU yang bertugas untuk menampung data sementara dari dan/ atau ke main memory. Contoh, ketika kita ’membakar (burn)’ CD data, maka data yang ada di disk akan ditampung ke buffer terlebih dulu sebelum ditulis ke CD.
28.  Buffer cache : suatu bagian yang sangat penting dari sistem kernel, menjaga seluruh buffer tetap diperbaharui, menyusutkan cache ketika dibutuhkan, membersihkan buffers yang tidak dibutuhkan dan banyak lagi.
29.  Bug : kesilapan program atau kelakuan yang tidak mengikuti dokumentasi atau tidak mengikuti kehendak program. Bisa juga disebut kesalahan program sengaja atau tidak sengaja. Seringkali, fasilitas/kemampuan baru yang di perkenalkan membawa bugs baru ke dalam program. Sejarahnya, isitilah ini datang dari masa kartu punch (punch card), suatu bug (serangga) terperosok ke lubang punch card dan sebagai akibatnya program mengalami gangguan. Ada Lovelace, yang menemukan ini, menyatakan “it’s a bug!” (ini : serangga) dan sejak saat itu istilah ini terus dipakai.
30.  Burst mode : DMA mempunyai dua metode yang berbeda dalam mentransfer data. Metode yang pertama : metode yang sangat baku dan simple
31.  Bus merupakan Dasar dari elemen perangkat keras yang terkandung pada I/O
32.  Busy : : ketika host mengalami looping yaitu membaca status register secara terus-menerus sampai status busy di-clear
33.  Byte : delapan bit yang berturutan, diterjemahkan di dalam bilangan basis dua (biner).
C
34.  Calls : jembatan antara proses dan sistem operasi
35.  Channel : Saluran untuk mengirimkan sinyal elektromagnetik yang mampu menghubungkan CPU dengan peralatan lainnya.
36.  Circular-scan : varian dari algoritma SCAN yang sengaja didesain untuk menyediakan waktu tunggu yang sama.
37.  Client : program ataupun komputer yang secara berkala tersambung ke program ataupun komputer lain untuk memberikan atau meminta informasi.
38.  Clock : Sistem terdistribusi : sekumpulan prosesor yang tidak berbagi memori
39.  COMMAND.COM : salah satu berkas penting dalam sistem operasi MS-DOS (dan segala turunannya) yang bertindak sebagai shell dan antarmuka dengan pengguna. COMMAND.COM ini menyajikan prompt input kesiapan penggunaan komputer, yang disebut sebagai Command Prompt. Di dalam COMMAND.COM terdapat bebrapa fungsi/perintah dasar (perintah internal) dalam mengoperasikan komputer, seperti MKDIR/MD, COPY, dan beberapa perintah lainnya. Tanpa berkas ini, sistem operasi DOS tidak akan berjalan, karena ia tidak dapat menemukan cara bagaimana ia dapat berkomunikasi dengan pengguna.
40.  Command-ready : Langkah yang ditentukan untuk device
41.  Compatible : Istilah untuk menyebutkan bahwa suatu alat sejenis atau dapat berfungsi serupa dengan alat yang disebutkan. Misalnya IBM compatible berarti dapat bekerja seperti komputer IBM.
42.  Compile : Program yang menerjemahkan serangkaian perintah ke dalam bahasa mesin. Sekali program dikompilasi, program tersebut dapat dijalankan sesering mungkin tanpa harus mengulang proses kompilasi, kecuali jika terjadi perubahan pada program sumber.
43.  Completely inverted file : file yang memiliki index inversi untuk setiap fieldnya
44.  Concurrency : Kemampuan mengerjakan lebih dari satu tugas dalam waktu yang bersamaan.
45.  Connection : Suatu jenis komunikasi antar unit dalam jaringan yang transmisinya dilakukan tanpa pembentukan hubungan pendahuluan.
46.  Context switch : Mengganti CPU ke proses lain memerlukan penyimpanan suatu keadaan proses lama (state of old process) dan kemudian beralih ke proses yang baru.
47.  Controller : : alat-alat elektronik yang berfungsi untuk mengoperasikan port, bus, dan device.
48.  Core dump : tindakan default saat sebuah proses menerima sinyal SIGPE (exception floating point)
49.  CPU processing : dimana sebuah CPU sedang memproses page file dan sistem pada suatu sistem operasi
50.  CPU utilization : kita ingin menjaga CPU sesibuk mungkin. CPU utilization akan mempunyai range
dari 0 ke 100 persen. Di sistem yang sebenarnya seharusnya ia mempunyai range dari 40 persen
samapi 90 persen.
51.  Crash : Istilah untuk menggambarkan sistem komputer yang tiba-tiba berhenti bekerja karena adanya masalah dan harus di-boot ulang.
D
52.  Datagram : Satuan untuk unit informasi dalam Internet, biasanya unit-unit informasi membawa sejumlah data sekaligus juga alamat asal dan alamat tujuan pengiriman.
53.  Debug : Proses pencarian dan pembetulan kesalahan penulisan program, sehingga program tersebut dapat kembali dijalankan seperti yang diharapkan.
54.  Dedicated device : peralatan yang hanya dapat digunakan oleh seorang pemakai dalam satu saat.
55.  Default : Hasil penyetelan tetap untuk menjalankan sebuah program atau aplikasi.
56.  Device manager : : bagian dari sistem operasi yang bertugas untuk mengatur alat-alat (piranti-piranti) yang ada di dalam konfigurasi komputernya.
57.  Directory : tempat penyimpanan file-file secara terstruktur dan menampilkan file-file yang disimpang didalamnya, atau di windows disebut dengan folder.
58.  Disk : Piringan tipis yang dilapisi bahan magnetik (oksida besi) yang mampu menyimpan sejumlah data atau informasi. Pembacaan dan penulisan informasi dipusatkan pada track.
59.  Disk drive : Alat tambahan yang digunakan untuk meletakkan piringan magnetik, memutar piringan dan menggerakkan head baca/tulis pada posisi yang diinginkan ketika mengakses informasi dari dalam disk.
60.  DMA ( direct memory access) : Alat pengendali memori yang membantu mempercepat kerja CPU dalam proses pengolahan data.
61.  Double buffering : (buffer ganda), digunakan untuk meniadakan waktu tunggu seperti di single buffer, karena, ketika isi dari buffer 1 dicetak, buffer 2 diisi data. Ketika buffer 1 selesai dicetak, maka ia akan diisi data, sementara isi buffer 2 mulai dicetak. Demikian seterusnya.
62.  Download : Mengambil file atau mentransfer file dari satu komputer ke komputer lainnya.
63.  Driver : Software yang menjadikan sistem operasi bisa berkomunikasi dengan periferal atau alat lain, misalnya mouse driver untuk mengendalikan mouse.
E
64.  Encoding : Inode merepresentasikan objek dasar dalam file sistem. Inode bisa saja file biasa, direktori, simbolik
link dan lain sebagainya. Virtual file sistem tidak memiliki perbedaan yang jelas di antara objek,
tetapi mengacu kepada implementasi file sistem yang menyediakan
65.  Entity : Unsur aktif dalam salah satu lapisan protokol komunikasi model OSI. Orang, lokasi, konsep atau kejadian yang direkam informasinya.
66.  Entry : Data-data masukan yang diberikan atau diketikkan ke dalam program melalui terminal selama berlangsungnya proses eksekusi.
67.  Error : Istilah untuk menunjukkan bahwa terdapat suatu penyimpangan dalam software atau kerusakan hardware.
68.  Ethernet : Suatu standar perangkat keras LAN (Local Area Network), mengenai pengkabelan serta spesifikasi transmisinya.
69.  Exception : Teknik pembuatan laporan yang hanya menampilkan item-item di luar kebiasaan, dengan tujuan memudahkan pembacaan laporan. Hal ini lebih efisien daripada bentuk laporan yang menampilkan semua item secara periodik.
F
70.  Feature : fungsi atau kemampuan khusus yang ada pada sebuah alat.
71.  File : File : sesuatu yang dapat dibaca dan ditulis. File ditempatkan pada memori. Penempatan pada memori tersebut sesuai dengan konsep file deskriptor yang dimiliki unix.
72.  File manager : : bagian dari sistem operasi yang bertugas untuk mengatur pemberkasan di dalam alat-alat penyimpanan data di komputer.
73.  File sistem : File system : kumpulan dari inode-inode dengan satu inode pembeda yaitu root. Inode lainnya diakses mulai dari root inode dan pencarian nama file untuk menuju ke inode lainnya.
74.  Firewalling : Sebuah software program yang dipasang pada sebuah jaringan dan bertugas memproteksi sistem komputer dengan tujuan mengamankan Network Internal. Kadang-kadang membutuhkan layanan Proxy untuk mengizinkan suatu akses pada Web.
75.  Flag : Bit memori tunggal yang digunakan CPU untuk menahan track pada kondisi tertentu. Kebanyakan komputer memiliki beberapa flag. Variabel dalam program juga digunakan sebagai flag.
G
76.  Gateway  : sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda. Definisi tersebut : definisi gateway yang utama.
H
77.  Hardware : semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
78.  Head switching : waktu yang dibutuhkan untuk head dari hard disk ke track dan permukaan yang tepat.
79.  Hit ratio : perbandingan antara banyaknya record yang akan diakses dengan banyaknya record dalam sebuah file. Semakin tinggi nilainya, semakin baik sequential digunakan.
I
80.  I/O : bagian dari sistem mikroprosesor yang digunakan oleh mikroprosesor itu untuk berhubungan dengan dunia luar.
81.  I/O channel : : prosesor yang telah diprogram untuk mengakses peralatan yang dibutuhkan dan mengontrol jalur data.
82.  Input : unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor ini, contohnya data yang berasal dari keyboard atau mouse
83.  Interface : sebuah titik, wilayah, atau permukaan di mana dua zat atau benda berbeda bertemu; dia juga digunakan secara metafora untuk perbatasan antara benda. Kata interface kadangkala (biasanya dalam bidang teknik) disingkat menjadi “i/f”.
84.  Interrupt dalam teknologi informasi merujuk kepada sebuah permintaan terhadap layanan dari CPU yang dibuat baik secara eksternal oleh sebuah perangkat keras (sebagai contoh: oleh disk drive, atau port I/O) atau secara internal oleh CPU itu sendiri
J
85.  Java : bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh Sun Microsystems dan dirilis tahun 1995. Java berbeda dengan JavaScript. JavaScript : bahasa scripting yang digunakan oleh web browser.
K
86.  Kernel : suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.
L
87.  Layer : Lapisan (konsep) dalam networking. Berbagai model komunikasi seperti OSI dan TCP/IP terdiri atas beberapa layer yang menyusun protokol tersebut.
88.  Library :  koleksi dari rutin-rutin program yang digunakan untuk membangun dan mengembangkan perangkat lunak. Pustaka, umumnya mengandung kode program dan data pembantu (banyak programmer menyebutnya sebagai helper), yang menyediakan layanan-layanan kepada program-program independen.
89.  LINUX : nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Sehingga saat ini dikenal banyak sekali distro Linux.
90.  Login : proses untuk mengakses komputer dengan memasukkan identitas dari akun pengguna dan kata sandi guna mendapatkan hak akses menggunakan sumber daya komputer tujuan.
M
91.  Magnetic disk merupakan piranti penyimpanan sekunder yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer modern. Pada saat disk digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada sebuah read?write head yang ditempatkan di atas permukaan piringan tersebut. Permukaan disk terbagi atas beberapa track yang masih terbagi lagi menjadi beberapa sector
92.  MS-DOS : Singkatan dari Microsoft Disk Operating System, : sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream, yang disebut sebagai Microsoft Windows.
93.  Multiple buffering : untuk mengantisipasi kemungkinan pengisian buffer kalah cepat dengan pengosongan buffer sehingga diharapkan tidak ada waktu tunggu yang kemungkinan masih ada di double buffering.
94.  Multiplexer channel : mengatur aliran data antara memori utama dengan peralatan-peralatan lain seperti printer, magnetic tape, dsb. (peralatan dengan kecepatan rendah).
95.  Multiprocessing : istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang merujuk kepada kemampuan pemrosesan komputer yang dilakukan secara serentak. Hal ini dimungkinkan dengan menggunakan dua CPU atau lebih dalam sebuah sistem komputer. Istilah ini juga dapat merujuk kepada dukungan sebuah sistem untuk mendukung lebih dari satu prosesor dan mengalokasikan tugas kepada prosesor-prosesor tersebut.
Multiprocessing juga kadang merujuk kepada kemampuan eksekusi terhadap beberapa proses perangkat lunak dalam sebuah sistem secara serentak, jika dibandingkan dengan sebuah proses dalam satu waktu, meski istilah multiprogramming lebih sesuai untuk konsep ini. Multiprocessing sering diimplementasikan dalam perangkat keras (dengan menggunakan beberapa CPU sekaligus), sementara multiprogramming sering digunakan dalam perangkat lunak. Sebuah sistem mungkin dapat memiliki dua kemampuan tersebut, salah satu di antaranya, atau tidak sama sekali. Berdasarkan simetrinya, multiprocessing dapat dibagi ke dalam
o Asymmetric Multiprocessing (ASMP)
o Symmetric Multiprocessing (SMP)
o Non-uniform memory access (NUMA) multiprocessing
o Clustering.
Berdasarkan jumlah instruksi dan datanya, dapat dibagi ke dalam (lihat Taksonomi Flynn)
o SISD (Single Instruction on Single Data Stream)
o SIMD (Single Instruction on Multiple Data Stream)
o MISD (Multiple Instruction on Single Data Stream)
o MIMD (Multiple Instruction on Multiple Data Stream)
* Berdasarkan kedekatan antar prosesor, dapat dibagi ke dalam
o Loosely coupled
o Thightly coupled
96.  Multiprogramming : istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada sebuah metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumberdaya CPU yang sama. Komputer yang multiprogramming dapat diartikan sebagai sebuah sistem komputer yang telah dialokasikan dengann sumber daya untuk lebih dari satu aplikasi bersamaan, pekerjaan atau pengguna. Kemampuan multiprogramming dikembangkan sebagai fitur dari sebuah sistem operasi di akhir 1950-an dan mulai digunakan di komputer mainframe di pertengahan 1960-an akhir. Hal ini mengikuti pengembangan sistem perangkat keras yang memiliki logika sirkuit dan set instruksi yang diperlukan untuk memfasilitasi transfer kontrol antara sistem operasi dan satu atau lebih aplikasi independen lainnya. Dalam multiprogramming, ketika suatu program dieksekusi, program lainnya sedang dalam keadaan menunggu. Setelah program yang dalam status menunggu selesai maka CPU akan kembali untuk mengeksekusinya. Selama suatu program butuh dieksekusi, CPU tidak pernah dalam keadaan idle/istirahat. Perpindahan proses antarprogram tersebut dinamakan switching. Contoh nyata dari multiprogramming sendiri : : menjalankan program Microsoft Word bersamaan dengan Windows Media Player.
97.  Multitasking : istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada sebuah metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumberdaya CPU yang sama. Dalam kasus sebuah komputer dengan prosesor tunggal, hanya satu instruksi yang dapat bekerja dalam satu waktu, berarti bahwa CPU tersebut secara aktif mengolah instruksi untuk satu pekerjaan tersebut. Multitasking memecahkan masalah ini dengan memjadwalkan pekerjaan mana yang dapat berjalan dalam satu waktu, dan kapan pekerjaan yang lain menunggu untuk diolah dapat dikerjakan. Kondisi mengalokasikan CPU dari pekerjaan satu ke pekerjaan yang lain disebut context switch. Ketika context switch terjadi dengan sangat cepat — kondisi ini cukup untuk memberikan ilusi pengolahan-paralel. Bahkan dalam komputer yang memiliki lebih dari satu CPU (disebut multi-prosesor), multitasking memperbolehkan lebih banyak pekerjaan dijalankan dibanding dengan jumlah CPU yang tersedia. Sistem operasi komputer dapat juga mengadopsi berbagai macam strategi penjadwalan, yang secara garis besar dapat dikategorikan sebagai berikut: Dalam sistem multi-program, pekerjaan yang sedang diolah terus berjalan hingga membutuhkan suatu operasi yang memerlukan interaksi dari luar. (e.g. membaca dari tape). Sistem multi-program didesain untuk memaksimalkan penggunaan CPU. Dalam sistem time-sharing , pekerjaan yang sedang diolah diharuskan melepaskan kerja CPU, baik secara sukarela atau dari interaksi luar, seperti interupsi-perangkat-keras. Sistem Time-sharing didesain untuk memperbolehkan beberapa program seolah diproses secara bersamaan. Dalam sistem real-time, beberapa program yang sedang menunggu dijamin untuk mendapatkan pengolahan dari CPU ketika interaksi luar terjadi. Sistem real-time didesain untuk melakukan kontrol mekanik seperti robot-robot industri, yang memerlukan ketepatan pemrosesan. Dewasa ini, penggunaan istilah time-sharing jarang digunakan, dan digantikan dengan istilah multitasking.
N
98.  Network : Sekelompok komputer yang terhubung yang bisa saling berbagi sumber daya (seperti printer atau modem) dan data.
99.  Networking : sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.
100.    Node : satu istilah dalam teknologi telepon genggam UMTS untuk menandakan suatu BTS (base transceiver station, stasiun penerima untuk 3G, 3.5 G ataupun 4G) yang berbeda dengan BTS untuk GSM
O
101.    Output : biasanya digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.

P
102.    Page table : menandai bit valid-tidak valid.
103.    Parity check : sebuah track dalam tape yang digunakan untuk menyimpan kesalahan data.
104.    Partialy inverted file : file yang minimal satu fieldnya memiliki index inversi
105.    Partition : membagi disk menjadi satu/ lebih silinder (partition), sehingga sistem operasi dapat memperlakukannya sebagai disk yang terpisah.
106.    Password : kumpulan karakter atau string yang digunakan oleh pengguna jaringan atau sebuah sistem operasi yang mendukung banyak pengguna (multiuser) untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan atau system tersebut.
107.    Perangkat lunak aplikasi : suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi : pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
108.    Point to point : sebuah protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyak digunakan pada wide area network (WAN). Protokol ini merupakan standar industri yang berjalan pada lapisan data-link dan dikembangkan pada awal tahun 1990-an sebagai respons terhadap masalah-masalah yang terjadi pada protokol Serial Line Internet Protocol (SLIP), yang hanya mendukung pengalamatan IP statis kepada para kliennya.
109.    Port : mekanisme yang mengizinkan sebuah komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan program di dalam jaringan. Port dapat mengidentifikasikan aplikasi dan layanan yang menggunakan koneksi di dalam jaringan TCP/IP.
110.    primary key : atribut (field) yang dipilih untuk menentukan struktur storage pada organisasi file multi key, adapun key lainnya disebut dengan secondary key.
111.    Printer : alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas.
Tinta atau toner : alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis/ mencetak pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.
112.    Prompt sebutan bagi tanda kesiapan sistem operasi berbasis antarmuka baris perintah untuk menerima perintah dari pengguna. Dalam sistem operasi MS-DOS dan Windows, tanda prompt umumnya seperti C:\>. Dalam sistem operasi UNIX, jenis prompt yang ditampilkan tergantung dari jenis shell yang digunakannya, dan jenis privilese yang dimiliki oleh pengguna, yang dapat berupa # atau $.
113.    Proses : urutan pelaksanaan atau kejadian yang terjadi secara alami atau didesain, mungkin menggunakan waktu, ruang, keahlian atau sumber daya lainnya, yang menghasilkan suatu hasil.
R
114.    Real-time : kondisi pengoperasian dari suatu sistem perangkat keras dan perangkat lunak yang dibatasi oleh rentang waktu dan memiliki tenggat waktu (deadline) yang jelas, relatif terhadap waktu suatu peristiwa atau operasi terjadi.
115.    Ready : Proses sedang menunggu untuk ditugaskan pada sebuah prosesor.
116.    Reboot : proses menghidupkan kembali sistem operasi dan memuat ulang program-program yang telah ditutup
117.    Reload : memuat ulang suatu program yang telah ada, atau sering juga disebut refresh.
118.    Root : Istilah ini diadaptasi dari sistem UNIX dimana seorang pengguna bisa memiliki hak pengendalian terbatas pada sebuah sistem. Hacker menggunakan istilah ini untuk menggambarkan kemampuan mereka dalam melancarkan serangan dan menguasai sistem korbannya
119.    Run : Instruksi sedang dikerjakan.
S
120.    Secondary storage : Data yang disimpan dalam memori utama bersifat sementara dan jumlahnya sangat kecil. Oleh karena itu, untuk meyimpan keseluruhan data dan program komputer dibutuhkan secondary-storage yang bersifat permanen dan mampu menampung banyak data.
121.    Seek time : waktu yang digunakan untuk menggerakkan tangkai penghubung head dari hard disk ke posisi silinder yang tepat.
122.    Selector channel : mengatur aliran data antara memori utama dengan peralatan lain seperti disk (peralatan dengan kecepatan tinggi).    
123.    Server : sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system
124.    Shared device : peralatan yang bisa digunakan oleh satu atau lebih pemakai dalam satu saat (waktu yang bersamaan)
125.    Shell : Program yang mem-provide interface antar user dan sistem operasi. Contoh dari shell : COMMAND.COM dalam MS-DOS, Macintosh Finder (Macintosh), Windows Explorer, Command Prompt/cmd.exe dan program sejenis lainnya. Pada Windows 95/98, shell memaintain desktop atau graphical user interface.
126.    Signal : Proses membangunkan partner-nya yang sedang diblocked dengan signal pada variabel kondisi yang sedang ditunggu partnernya.
127.    Single buffering : (buffer tunggal), jika kita memiliki data sebesar 1MB yang akan dicetak dan buffer hanya dapat menampung 256KB, maka data 1MB tersebut diletakkan ke buffer sebesar 256KB dulu, baru dicetak hingga selesai 256KB itu, kemudian data diambil kembali untuk mengisi buffer itu, dan seterusnya.
128.    Sinkronisasi : Komunikasi antara proses membutuhkan place by calls untuk mengirim dan menerima data primitive.
129.    Sistem : suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.
130.    Sistem operasi : perangkat lunak sistem yang bertugas untuk memberikan abstraksi terhadap kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, yang digunakan oleh software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
131.    Software : istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer
132.    Source code atau kode program : suatu rangkaian pernyataan atau deklarasi yang ditulis dalam bahasa pemrograman komputer yang terbaca manusia. Kode sumber yang menyusun suatu program biasanya disimpan dalam satu atau lebih berkas teks, dan dapat pula ditampilkan dalam bentuk cuplikan kode (code snippet) yang dicetak pada buku atau media lainnya.
133.    Spooling : dukungan peralatan virtual I/O yang biasanya digunakan di komputer multiuser. Misalkan 10 orang user akan mencetak ke sebuah printer dalam waktu bersamaan, maka spooling dapat menampung antrean mana urutan yang akan dicetak terlebih dulu dan mana yang kemudian.
134.    Supervisor I/O : : bagian dari sistem operasi yang mengontrol peralatan input/ output (I/O) komputer
T
135.    Terminate : Proses telah selsesai melaksanakan tugasnya/ mengeksekusi.
136.    Thread : sekumpulan perintah (instruksi) yang dapat dilaksanakan (dieksekusi) secara sejajar dengan ulir lainnya, dengan menggunakan cara time slice (ketika satu CPU melakukan perpindahan antara satu ulir ke ulir lainnya) atau multiprocess (ketika ulir-ulir tersebut dilaksanakan oleh CPU yang berbeda dalam satu sistem).
137.    Time-sharing : berbagi sumber daya komputasi antara banyak pengguna melalui multiprogramming dan multi-tasking. Konsep time-sharing : sebuah cara di mana sebuah sistem mengizinkan beberapa pengguna atau proses untuk menggunakan CPU dan memori. Dalam sistem tersebut, sistem operasi akan menggilir proses-proses yang sedang berjalan, dan mengizinkan setiap proses untuk dijalankan oleh CPU (serta disimpan di dalam memori), sebelum pindah ke proses selanjutnya. Mesin-mesin tersebut telah menjadi cukup cepat sehingga kebanyakan pengguna saat itu dapat merasakan seolah-olah mereka menggunakan mesin tersebut hanya untuk sendiri. Secara teori, time-sharing mampu mengurangi biaya komputasi secara signifikan, mengingat sebuah mesin dapat digunakan oleh beberapa pengguna, bahkan ada yang mencapai angka ratusan pengguna.
U
138.    UNIX
UNIX : sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user. Sistem operasi Unix digunakan secara luas baik sebagai server atau workstation. Arsitektur Unix dan model client/server merupakan elemen yang paling penting dalam perkembangan internet dan mengubah proses komputasi secara terpusat dalam jaringan dari pada proses tunggal di komputer. Oleh karena itu kebanyakan komputer server ataupun yang digunakan sebagai pusat service jaringan menggunakan Sistem Operasi berbasis UNIX (seperti : Linux, FreeBSD, dll) karena dikenal handal pada sistem konfigurasinya.

139.    User merupakan pengguna sebuah komputer yang pada sistem operasi dia jalankan
W
140.    Wait : Proses sedang menunggu sejumlah kejadian untuk terjadi (seperti sebuah penyelesaian I/O atau penerimaan sebuah tanda/ signal).

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Oferia's Blog_Creative Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei