CONTOH PROGRAM BAHASA ASSEMBLY dengan SIMULATOR EDSIM 51
Wednesday, March 28, 2012
Program ini akan menampilkan output dari seven segmen mulai angka 1 sampai huruf F
CATATAN: Logika 0 adalah led menyala dan logika 1 adalah led mati
Ini adalah tampilan halaman depan edsim 51 untuk program ini
Ini adalah tampilan seven segment yang dihasilkan setelah program di running
Ini adalah tampilan led saat di running
BAGIAN1: SETB P3.3
SETB P3.4 ; Mengijinkan tampilan layar 3
MOV P1, #11111001B ; menampilkan angka 1 pada layar(addressing mode : immediate)
MOV P1, #0FFH ; menghapus layar(addressing mode: immediate)
CLR P3.3 ; Mengijinkan tampilan layar 2
MOV P1, #10100100B ; menampilkan angka 2 pada layar(addressing mode: immediate)
MOV P1, #0FFH ; menghapus layar(addressing mode: immediate)
CLR P3.4
SETB P3.3 ; Mengijinkan tampilan layar 1
MOV P1, #10110000B ; menampilkan angka 3 pada layar(addressing mode: immediate)
MOV P1, #0FFh ; menghapus layar(addressing mode: immediate)
CLR P3.3 ; Mengijinkan tampilan layar 0
MOV P1, #10011001B ; menampilkan angka 4 pada layar(addressing mode: immediate)
MOV P1, #0FFH ; menghapus layar(addressing mode: immediate)
JMP BAGIAN2 ; melompat ke BAGIAN2
BAGIAN2: ;
SETB P3.3
SETB P3.4 ; Mengijinkan tampilan layar 3
MOV P1, #10010010B ; menampilkan angka 5 pada layar(addressing mode : immediate)
MOV P1, #0FFH ; menghapus layar(addressing mode: immediate)
CLR P3.3 ; Mengijinkan tampilan layar 2
MOV P1, #10000010B ; menampilkan angka 6 pada layar(addressing mode : immediate)
MOV P1, #0FFH ; menghapus layar(addressing mode: immediate)
CLR P3.4
SETB P3.3 ; Mengijinkan tampilan layar 1
MOV P1, #11111000B ; menampilkan angka 7 pada layar(addressing mode : immediate)
MOV P1, #0FFh ; menghapus layar(addressing mode: immediate)
CLR P3.3 ; Mengijinkan tampilan layar 0
MOV P1, #10000000B ; menampilkan angka 8 pada layar(addressing mode : immediate)
MOV P1, #0FFH ; clear display
JMP BAGIAN3 ; melompat ke BAGIAN3
BAGIAN3: SETB P3.3
SETB P3.4 ; Mengijinkan tampilan layar 3
MOV P1, #10010000B ; menampilkan angka 9 pada layar(addressing mode : immediate)
MOV P1, #0FFH ; menghapus layar(addressing mode: immediate)
CLR P3.3 ; Mengijinkan tampilan layar 2
MOV P1, #10001000B ; menampilkan huruf A pada layar(addressing mode : immediate)
MOV P1, #0FFH ; menghapus layar(addressing mode: immediate)
CLR P3.4
SETB P3.3 ; Mengijinkan tampilan layar 1
MOV P1, #10000011B ; menampilkan huruf b pada layar(addressing mode : immediate)
MOV P1, #0FFh ; menghapus layar(addressing mode: immediate)
CLR P3.3 ; Mengijinkan tampilan layar 0
MOV P1, #11000110B ; menampilkan huruf c pada layar(addressing mode : immediate)
MOV P1, #0FFH ; menghapus layar(addressing mode: immediate)
JMP BAGIAN4 ; melompat ke BAGIAN4
BAGIAN4:
SETB P3.3
SETB P3.4 ; Mengijinkan tampilan layar 3
MOV P1, #10100001b ; menampilkan huruf d pada layar(addressing mode : immediate)
MOV P1, #0FFH ; menghapus layar(addressing mode: immediate)
CLR P3.3 ; Mengijinkan tampilan layar 2
MOV P1, #10000110b ; menampilkan huruf E pada layar(addressing mode : immediate)
MOV P1, #0FFH ; menghapus layar(addressing mode: immediate)
CLR P3.4
SETB P3.3 ; Mengijinkan tampilan layar 1
MOV P1, #10001110b ; menampilkan huruf F pada layar(addressing mode : immediate)
MOV P1, #0FFh ; menghapus layar(addressing mode: immediate)
CLR P3.3 ; Mengijinkan tampilan layar 0
MOV P1, #0FFH ; menghapus layar(addressing mode: immediate)
JMP BAGIAN1 ; melompat kembali ke BAGIAN1