PROCESSOR, MEMORY dan SECONDARY STORAGE Tercanggih Saat Ini


Core i7 Extreme 980X menggunakan teknologi prosesor 32nm yang juga digunakan oleh prosesor i3/i5 Core Clarkdale. Memiliki 6 core yang aktif menggunakan HyperThreading (12 Threads) adalah fakta bahwa melalui update BIOS yang mudah, prosesor ini dapat digunakan pada semua motherboard X58 yang ada
Core i7 adalah processor yang paling baru dirilis intel. Processor Core i7 bisa disebut Nehalem. Processor ini berbasis teknologi Microarchitecture.
Keistimewaan dari Processor Core i7, diantaranya :
  • Memiliki performa lebih tinggi dan lebih efisien dalam penggunaan energi.
  •  FSB ( Front Side Bus) digantikan dengan QuickPath Interface, yaitu sistem antar koneksi berkecepatan tinggi, lebih tinggi dari 25 Gb per detik per link.
  • Memory Controller ada di dalam processor.
  • Mempunyai peranti AMD (Advanced Micro Devices) sebagai pengontrol memori yang lebih terintegrasi.
  • Menggunakan tipe Socket B ( Socket LGA 1366).
  • Menghasilkan kualitas tampilan gambar monitor jauh lebih baik.

Core i7 menggunakan kembali teknologi lama Intel Pentium, yaitu Hyper-Threading dalam sistem operasi.

Jenis-jenis processor Core i7, diantaranya adalah :
  • Core i7 965 Extrem Edition , dengan Clock 3,2 Ghz.
  • Core i7 940, dengan Clock 2,93 Ghz.
  • Core i7 920, dengan Clock 2,66 Ghz.

Intel membedakan Core i7 dalam 2 warna logo, yaitu:
ü  Biru, untuk processor Intel Core i7.
ü   Hitam, untuk processor Intel Core i7 extreme edition.


Perbedaan Core i7 dengan Core i5 dan Core i3
v  dibandingkan dengan Core i5 dan Core i3, Core i7 memang lebih tinggi levelnya, karena aplikasi-aplikasi yang ada di dalam Core i7 lebih canggih dibandingkan dengan Core i5 dan Core i3.
v   Mengenai harga, Core i5 dan Core i3 lebih murah dibandingkan dengan Core i7.
v  Kapasitas memori yang bisa disupport oleh Core i7 lebih besar dibandingkan Core i5 dan Core i3.
Sumber http://azizahfathia.blogspot.com

MEMORY TERCANGGIH saat ini MRAM
MRAM atau Magnetoresistive Random Access Memory adalah memori (RAM) yang menggunakan teknologi electron spin untuk menyimpan informasi di sebuah komputer. MRAM telah disebut “memori yang ideal yang menggabungkan potensi kepadatan dari DRAM dengan kecepatan SRAM dan non-volatility dari flash memory atau cakram keras.
MRAM bekerja dengan cara membangun pilar-pilar kecil berukuran 165nm akan mengakibatkan magnet variable pada lapisan atas akan mengakibatkan arus listrik mengalir dari bawah ke atas dan akan memutar posisi electron. Medan magnet ini akan berubah dan hanya membutuhkan sedikit waktu untuk merubah kutub medan magnet tersebut dan kutub utara dan selatan akan bertukar.
MRAM dapat menolak radiasi tinggi, dan dapat beroperasi dalam kondisi suhu yang ekstrem. MRAM sangat cocok untuk aplikasi militer dan ruang.

Keunggulan MRAM

MRAM  memiliki kecepatan 10 kali lipat dari kecepatan RAM dan sebenarnya dapat menggantikan semua memori di komputer - DRAM, flash dan bahkan cakram keras. MRAM juga dapat bersaing dengan kecepatan SRAM (CPU cache memory). MRAM diaktifkan komputer akan dapat segera terpasang (karena tidak akan perlu ada beberapa tipe memori seperti hari ini).

Sumber : Wikipedia

SECONDARY STORAGE Tercanggih Saat Ini
Hardisk terbesar di dunia saat ini memiliki kapasitas 120 petabyte, atau 120 juta gigabyte. Sebelumnya hardisk terbesar di dunia berkapasitas 15 petabyte. Hardisk terbesar buatan IBM itu terdiri dari serangkaian 200 ribu hardisk yang digabungkan menjadi satu di fasilitas superkomputer. Pelaksanaan proyek dilakukan di CA Research Lab, Almaden, San Jose, California, AS.
Hardisk super ini bisa berisi sekitar satu triliun file dan dapat menjalankan simulasi sistem yang lebih kompleks, seperti untuk cuaca dan pemodelan iklim. Megaserver ini dibuat untuk klien anonim yang berencana membuat simulasi fenomena peristiwa nyata.
Untuk menciptalan perangkat keras raksasa ini, IBM mengembangkan berbagai hardware dan teknik perangkat lunak baru. Pendingin yang dibuat untuk hardisk raksasa ini menggunakan sirkulasi air, bukan kipas seperti pendingin hardisk pada umumnya.
Ketika disk utama mati, sistem menarik data dari drive lain dan menulis ke disk pengganti perlahan-lahan, sehingga superkomputer dapat terus bekerja. Jika lebih banyak kegagalan terjadi di antara drive di dekatnya, drive akan membangun kembali kecepatan untuk memproses dan menghindari kemungkinan kegagalan lain, seperti terhapusnya beberapa data secara permanen.
IBM menggunakan taktik standar menyimpan beberapa salinan data pada disk yang berbeda, tapi mempekerjakan perbaikan baru yang memungkinkan superkomputer untuk tetap bekerja dengan kecepatan hampir penuh bahkan ketika drive rusak.
Sumber : http://mediaanakindonesia.wordpress.com
Oferia Fircha Yenis Saputri Nothing special about me .. Just an ordinary man who wants to be better ..:) Born in Padang in West Sumatra and large in Merauke, Papua. Have the best parents in the world .. Ahmad Muzayin and Siti Istikomah.. Love you so much ... About love I always try to give the best ... And hope will be received also the best ..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel